Info Kota Bandung official website | Members area : Register | Sign in

Bandrek Hanjuang

Share this history on :
(Info Kota Bandung - Bandrek Hanjuang) Bandrek adalah minuman tradisional orang Sunda – Jawa Barat yang dikonsumsi untuk menaikkan kehangatan tubuh. Minuman ini biasanya dihidangkan pada cuaca dingin, seperti di kala hujan ataupun malam hari. Bahan dasar bandrek yang paling penting adalah jahe dan gula merah/gula semut, tapi daerah-daerah tertentu menambahkan rempah-rempah tersendiri untuk memperkuat efek hangat yang diberikan bandrek, seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung, dan sebagainya. Susu, coklat atau kopi juga dapat ditambahkan tergantung dari selera penyajian. Banyak orang Indonesia percaya bahwa bandrek dapat menyembuhkan penyakit ringan seperti sakit tenggorokan. Ada juga bandrek yang dikhususkan untuk pria dewasa karena efek panasnya (bandrek special).

Kepopuleran bandrek di Indonesia telah membuat minuman ini tersedia di pasaran dalam kemasan bubuk instan berbagai bandrek dan kemasan yang beraneka ragam mulai dari kemasan renteng, kemasan plastik atau bahkan kemasan kantong kertas dan cocok untuk dijadikan buah tangan/oleh-oleh saat berkunjung ke kerabat atau bahkan dijadikan paket parcel.

Tidak jarang versi instan ini dikombinasikan dengan kopi, coklat, teh, dan ramuan untuk pria dewasa dengan tetap menggunakan bahan-bahan herbal dan di racik dengan cara yang tradisional sehingga menciptakan cita rasa yang original. Bandrek yang sudah dikemas, dapat bertahan selama 1 tahun.

Bandrek ini cocok disajikan pada musim dingin atau hujan, dan menurut pengusaha bandrek, produk ini sudah berhasil menembus pasar internasional dan dapat di nikmati oleh orang-orang di negara yang bercuaca dingin, seperti daerah Timur Tengah dan Asia lainnya. Dan bandrek ini juga sudah dijadikan minuman favorit selamat datang bagi para tamu di beberapa hotel yang berhawa dingin seperti daerah Puncak – Bogor, Ciwidey – Bandung, Lembang – Bandung dan Subang.

Jika Anda tertarik dengan Bandrek, silahkan kunjungi situs hanjuang.com yang akan selalu siap melayani pesanan Anda baik lokal maupun internasional.


sumber : minumantradisional
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : admin@infokotabandung.com.